Minggu, 03 Juni 2012

Kalahkan Emosi Negatif

Menurut Benny Ho dalam Managing Your Emotions, sedikitnya ada 6 emosi negatif yang perlu diatasi dalam hidup ini, yaitu kemarahan, depresi, ketakutan, rasa bersalah, kesombongan, dan kekhawatiran. Kunci mengatasi keenam emosi negatif tersebut adalah tahu cara mengelolanya, karena manusia pada dasarnya tidak bisa terbebas penuh dari emosi-emosi tersebut. Lalu, bagaimana cara mengelolanya, simak tips berikut ini.

1. Kemarahan
Setiap orang pernah marah. Alasannya macam-macam. Bisa karena hal sepele, atau karena masalah besar. Ada lima kunci menangani kemarahan : bercerminlah sebelum Anda marah (lihatlah diri Anda sendiri apakah Anda pernah melakukan kesalahan yang sama), belajarlah mengabaikan perbedaan pendapat yang sepele, belajarlah mengendalikan lidah, hati-hatilah dalam berteman, dan belajarlah meredakan amarah dengan segera. Yang paling penting, jangan simpan rasa marah di dalam hati, lepaskan, ampuni, dan nikmati hidup Anda.

2. Depresi
Jika Anda sedang merasa depresi, ada tiga hal yang bisa Anda lakukan untuk kembali menikmati hidup. Pemulihan jasmani, pemulihan emosi, dan pemulihan rohani. Gunakan waktu Anda untuk memulihkan jasmani Anda seperti istrahat, makan, dan tidur dengan cukup. Untuk memulihkan emosi Anda, cobalah untuk membangun persahabatan dan mulailah mengobrol dengan teman-teman Anda. Sedangkan untuk memulihkan rohani, masuklah dalam saat teduh bersama Tuhan, dan biarkan Dia yang menolong Anda.

3. Ketakutan
Rasa takut berlebihan bisa terjadi karena intimidasi Iblis. Untuk mengatasi ketakutan, Anda perlu melakukan lima hal ini, pertama, perhatikan apa yang sedang Anda lihat, jangan biarkan keadaan di luar sana membuat Anda takut, fokuslah pada Allah. Kedua, berhati-hatilah pada siapa Anda mendengarkan. Jika Anda mendengarkan orang yang salah, Anda menukar iman Anda dengan ketakutan Anda. Ketiga, bangunlah iman Anda, ingat karya Allah dalam hidup Anda, dan percaya bahwa ia akan terus menyertai Anda. Keempat, jagalah hati Anda, jangan gentar, tetaplah teguh. Terakhir, penggallah akar ketakutan Anda dan tinggalkan itu di belakang.

4. Rasa Bersalah
Mengapa banyak orang di dunia menderita akibat rasa bersalah? Sederhana, karena mereka memang bersalah. Ada tiga ‘jangan’ yang perlu Anda perhatikan saat merasa bersalah. Jangan sembunyikan dosa Anda, jangan mengabaikan rasa bersalah dan menyangkalnya, dan jangan mencoba memenuhi harapan orang lain hanya karena rasa bersalah. Allah telah menebus dosa kita, yang artinya kita telah disucikan, dikuduskan, dan dibenarkan. Hampirilah Tuhan dan Anda bebas dari rasa bersalah.

5. Kesombongan
Kesombongan mendahului kehancuran. Cara mengatasi kesombongan adalah tidak membandingkan kekuatan kita dengan kelemahan orang lain, berusaha mengutamakan orang lain, dan berserahlah kepada Allah.

6. Kekhawatiran
Kekhawatiran adalah sebuah kebiasaan. Kekhawatiran yang terus-menerus adalah dosa. Ada tiga cara menangani kekhawatiran. Pertama, berdoalah dengan benar, doa yang benar akan membimbing kita ke dalam kedamaian. Kedua, berpikirlah dengan benar, apa yang Anda pikirkan ujungnya akan menjadi takdir Anda. Jadi pikirkanlah hal-hal yang sejati, mulia, benar, suci, menyenangkan, mengagumkan, sempurna, atau patut dipuji. Ketiga, hiduplah dengan benar, kerjakan apapun yang dapat Anda kerjakan. Jangan biarkan rasa khawatir melumpuhkan Anda, justru ubahlah rasa khawatir itu menjadi tindakan yang berguna.

Sumber: Majalah Bahana, Februari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar